A. Visi Satuan Pendidikan
Visi SMP Negeri 4 Boyolali adalah terwujudnya peserta didik yang bertaqwa, berprestasi, berbudaya lingkungan dan berkompetisi global

Dengan indikator :

  1. Terwujudnya insan yang bertaqwa kepadaTuhan Yang Maha Esa
  2. Melakukan kegiatan pembelajaran dengan baik agar siap dan dapat meraih prestasi kejuaraan baik akademik dan nonakademik
  3. Melakukan kegiatan keteladanan agar dapat menjadi contoh yang baik
  4. Memiliki budaya untuk melestarikan lingkungan, mencegah pencemaran, dan mencegah kerusakan lingkungan
  5. Melakukan kegiatan peduli terhadap kelestarian lingkungan, mencegah pencemaran, dan mencegah kerusakan lingkungan
  6. Melakukan kegiatan secara terencana dan terprogram agar dapat bersaing          dengan sekolah sederajad yang berstatus lebih tinggi (sekolah unggulan).

 

B. Misi Satuan Pendidikan
Misi SMP Negeri 4 Boyolali adalah :

 

  1. Menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing;
  2. Melaksanakan penyusunan kurikulum untuk menghasilkan kurikulum yang inovatif dan adaptable;
  3. Melaksanakan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan dengan pendekatan CTL;
  4. Melaksanakan kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler menuju prestasi akademik dan nonakademik;
  5. Melaksanakan pembinaan perilaku siswa dalam menjunjung tinggi nilai-nilai budaya bangsa;
  6. Melaksanakan berbagai kegiatan keagamaan dalam rangka mewujudkan masyarakat sekolah yang agamis;
  7. Melaksanakan kegiatan pelestarian lingkunan, mempertahankan lingkungan yang bersih, sehat dan asri, mencegah pencemaran lingkungan, dan mencegah kerusakan lingkungan hidup agar dapat menjadi tempat belajar yang baik;
  8. Melaksanakan kegiatan pengadaan sarana dan prasarana yang memadai;
  9. Melaksanakan pengelolaan sekolah berdasarkan konsep menejemen berbasis sekolah;
  10. Melaksanakan kegiatan peningkatan kualitas profesionalisme guru dan tenaga kependidikan;
  11. Melaksanakan kegiatan untuk mewujudkan pembiayaan sekolah yang memadai;
  12. Melaksanakan sistem penilaian yang utuh, objektif, dan otentik;
  13. Melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler bahasa Inggris.